GWM Indonesia baru saja memperkenalkan varian terbaru dari model Tank 300 yang menawarkan sejumlah fitur canggih dan performa yang mengesankan. Dengan mesin diesel 2.400 cc yang diproduksi oleh GWM, varian ini diklaim memiliki torsi maksimum sebesar 480 Nm yang membuatnya semakin menarik bagi pecinta otomotif.
Proses pengujian torsi menunjukkan bahwa torsi maksimal tersebut tersedia pada putaran rendah, yaitu 1.500 rpm, dan dapat bertahan sampai ke 2.500 rpm. Hal ini membuat kendaraan ini cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama di dalam kota yang sering membutuhkan akselerasi cepat.
“Karakteristik utama mobil ini adalah kemampuan menghasilkan torsi tertinggi di 1.500 rpm, yang bertahan hingga 2.500 rpm,” ujar Angga S. Putra, seorang Product Expert dari GWM Indonesia, pada peluncuran di pameran GIIAS 2025. Ia menegaskan bahwa rentang rpm yang tersedia sangat ideal untuk kegiatan berkendara sehari-hari.
Pengenalan Detil Mesin dan Transmisi yang Diterapkan pada Tank 300 Diesel
Angga menjelaskan bahwa pada 1.000 rpm, torsi yang dihasilkan mencapai 260 Nm. Untuk mendapatkan torsi maksimal, pengemudi hanya perlu sedikit menekan pedal gas. Hal ini menambah kenyamanan dalam berkendara, terutama saat menghadapi berbagai kondisi lalu lintas yang padat.
Transmisi yang digunakan pada Tank 300 Diesel adalah otomatis 9-percepatan, yang juga diterapkan pada model Tank 300 Hybrid dan Tank 500. Ini menjadikannya SUV diesel pertama di pasar yang menggunakan transmisi 9AT, yang jelas menjadi nilai tambah untuk efisiensi dan performa kendaraan.
Salah satu teknologi canggih yang ada pada mesin ini adalah sistem injeksi high pressure common rail yang beroperasi pada tekanan 2.000 bar. Selain itu, terdapat sistem EGR yang dikendalikan secara elektronik dan pompa oli dengan displacement variabel, semua ini memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Pengujian Emisi dan Efisiensi Bahan Bakar di Berbagai Negara
Angga juga menjelaskan bahwa pengujian emisi dan efisiensi bahan bakar untuk Tank 300 Diesel masih dalam proses di Indonesia. Namun, di Australia, dimana penjualannya sangat baik, model ini diharapkan mampu mencapai efisiensi hingga 12,8 kilometer per liter, sebuah angka yang cukup mengesankan untuk SUV berkapasitas besar seperti ini.
Soal varian yang tersedia, Tank 300 Diesel hadir dalam dua pilihan, yaitu 4×2 dengan harga Rp598 juta dan 4×4 seharga Rp658 juta. Selama kegiatan GIIAS 2025, ada penawaran menarik untuk varian 4×4 yang diberikan potongan harga sebesar Rp10 juta, memperkecil kendala bagi konsumen yang berminat.
Pada model 4×4, sistem gerak yang diterapkan adalah part time, di mana pengendara dapat beralih antara mode 2H, 4H, 4L, dan Expert hanya dengan memutar tombol tanpa perlu menghentikan kendaraan. Perpindahan mode ini menjadikan penggunaan kendaraan lebih praktis, terlepas dari situasi yang dihadapi di jalan.
Fitur Menarik Lainnya yang Terdapat pada Tank 300 Diesel
Selain itu, SUV ini juga dilengkapi dengan dua differential lock yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dan torsi secara merata, yaitu 50:50 untuk sumbu depan dan belakang. Fitur ini tentunya menambah kemampuan kendaraan dalam menghadapi medan berat, yang sering menjadi tantangan bagi SUV.
Angga menambahkan bahwa Tank 300 Diesel memiliki kapasitas menyalurkan daya dorong yang berarti, mampu menarik beban hingga 3 ton. Meskipun di Indonesia fitur ini tidak umum digunakan, di Australia kendaraan ini sering digunakan untuk menarik beban berat seperti kapal pesiar atau motorhome, menunjukkan versatilitasnya.
Desain eksterior dari Tank 300 Diesel tidak jauh berbeda dengan versi Hybrid. Namun, salah satu perbedaan mencolok terletak pada tipe ban yang digunakan, di mana Tank 300 Diesel menggunakan ban HT, sementara model Hybrid menggunakan ban AT. Hal ini dapat menjadi pertimbangan penting bagi para konsumen yang mencari SUV sesuai dengan aktivitas mereka.